Pusat informasi dan reservasi wisata bromo, jeep bromo, dan homestay bromo dengan harga terjangkau

Rabu, 03 Agustus 2016

Karimunjawa, Wisata Bahari Andalan Jawa Tengah

00.27 Posted by Unknown No comments
Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, pantai, serta 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.

Apabila Anda sedang mencari sebuah tempat yang menawarkan “paket lengkap” untuk diving, snorkeling, berjemur, atau trekking di Pulau Jawa, cobalah untuk ke Karimunjawa, sebuah kepulauan di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bagi yang sudah pernah, pasti setuju kalau tempat ini indah!


1. Aktivitas Camping dan Trekking

Bagi Anda penyuka kegiatan trekking dan camping, Anda bisa melakukan aktivitas ini di beberapa pulau yang terdapat di kepulauan Karimunjawa, camping ground di Legon Lele, hiking di jalur trail Bukit Bendera, Bukit Tengkorak dan Jalur Darat Mangrove di Terusan. Anda suka mengamati burung? Anda bisa melakukan aktivitas ini di zona perlindungan wilayah daratan. Berdasarkan hasil identifikasi, ditemukan 52 spesies burung darat dan berbagai macam spesies burung dapat ditemukan di daerah Legon Lele. Di kepulauan Karimunjawa terdapat spesies elang dada putih yang hanya bisa ditemukan di kepulauan ini.

2. Aktivitas Diving dan Snorkeling

Hampir seluruh gugusan pulau di Karimunjawa dikelilingi terumbu karang hingga kedalaman 20 m. Bagi yang suka diving, Anda bisa melakukannya di perairan sebelah utara Pulau Karimun, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, daerah sekitar Pulau Kemujan, sekitar Pulau Parang dan Pulau Kembar dan Pulau Kembang. Untuk diving dengan durasi 1 – 1,5 jam, Anda harus merogoh kocek minimal Rp500.000,00.

Sedangkan untuk snorkeling, Anda bisa melakukannya di beberapa tempat antara lain di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, sebelah barat Pulau Kembar dan sebelah utara dan timur Pulau Krakal Kecil. Perlengkapan snorkeling biasa disewakan dengan biaya Rp50.000,00 per hari dan untuk sewa kapal akan dikenakan biaya Rp500.000,00 (kapasitas 10 orang).

3. Menyapa Sunrise dan Mengejar Sunset

Anda suka memulai hari dengan melihat matahari terbit? Pergilah ke Nyamplung Ragas. Sementara untuk hunting sunset, Anda bisa melakukannya selepas diving / snorkeling di pulau sekitar atau di dermaga kapal kayu yang terletak tidak jauh dari alun-alun. Kalau ingin sesuatu yang beda, Anda juga bisa hunting sunset di Mangrove Education Forest selepas Anda trekking atau bird watching.

4. Makan dan Belanja di Karimunjawa

Di Karimunjawa banyak warung yang menyediakan masakan khas Indonesia seperti nasi goreng, pecel ayam atau lele, mie instant dan lain-lain. Sebagai bagian dari Kabupaten Jepara, di Karimunjawa juga terdapat penjual makanan khas Jepara seperti “Adon-adon Coro”, “Es Gempol atau Pleret” dan “Pindang Srani”. Jika Anda menyukai makanan laut, Anda bisa menemukannya di sekitar alun-alun pada malam hari. Di Karimunjawa juga terdapat banyak sekali warung kelontong yang menjual makanan dan minuman ringan.

Di Kepulauan Karimunjawa terdapat deratan toko souvenir. Di tempat ini terdapat banyak souvenir khas Karimunjawa, mulai dari t-shirt, kain pantai, pernak-pernik, gantungan kunci, gelang kayu stigi dan kalimasada, hingga ikan asin dan rumput laut kering. Souvenir yang paling banyak dicari adalah yang terbuat dari kayu Dewadaru, karena bahan bakunya (Pohon Dewadaru) hanya dapat ditemukan di Karimunjawa.

5. Akomodasi Homestay dan Hotel

Di Karimunjawa terdapat beberapa pilihan tempat menginap, mulai dari tipe homestay hingga resort mewah. Untuk homestay fasilitasnya tidak jauh beda, perbedaan biasanya hanya pada ketersediaan kamar mandi (pribadi atau bersama). Untuk homestay harga sewa rata-rata adalah Rp100.000,00 (low season) atau Rp150.000,00 (high season dan long weekend). Beberapa homestay juga bisa menyediakan makan selama Anda disana dengan biaya Rp15.000,00 – Rp20.000,00 untuk sekali makan. Beberapa homestay yang direkomendasikan penulis:
  • Homestay Dafista
  • Homestay Hamfah
  • Homestay Karimun Indah
  • Homestay Mulyo Indah
  • Homestay Abdul Bazir

Sementara untuk hotel dan resort harganya mulai dari Rp300.000,00 hingga jutaan rupiah per malam. beberapa hotel yang ada di Karimunjawa antara lain: Hotel Laguna Inn, Hotel Dewadaru Resort, Hotel Nirwana, Hotel Escape, Hotel Ari Duta, Hotel Wisma Wisata, Hotel Wisma Apung dan Hotel Karimun Inn.

6. Pilihan Transportasi Menuju Karimunjawa

Karimunjawa paling mudah diakses dari Jepara dan bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) yang terletak di Semarang. Dari bandara, Anda harus melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kartini, Jepara. Ada beberapa alternatif transportasi untuk menuju pelabuhan itu:

  • Naik taksi dari bandara langsung ke pelabuhan dengan tarif (argo) sekitar Rp300.000,00
  • Sewa mobil dari bandara langsung ke pelabuhan dengan tarif mulai dari Rp350.000,00
  • Naik travel / shuttle ke Terminal Jepara (tarif Rp40.000,00) lalu dilanjutkan dengan naik becak atau ojek ke pelabuhan (tarif Rp15.000,00)
  • Dari bandara ke Terminal Terboyo (Semarang) dengan taksi lalu dilanjutkan dengan minibus ke Jepara (tarif Rp20.000,00) dan becak atau ojeg ke pelabuhan

Dari Pelabuhan Kartini, Jepara, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan kapal feri atau speed boat. Berikut adalah jadwal dan tarifnya:
  • KMP (Feri) Siginjai: Waktu tempuh: ± 5 jam. Tarif: Kelas Ekonomi Rp42.000,00 dan Kelas Bisnis Rp96.000,00. Dari Jepara: Senin, Rabu dan Sabtu. Berangkat pukul 09.00 WIB. Dari Karimunjawa: Selasa, Kamis dan Minggu. Berangkat pukul 08.00 WIB. Tiket bisa dibeli langsung di pelabuhan.
  • KMC (speed boat) Express Bahari: Waktu tempuh: ± 2 jam. Tarif: Kelas Executive Rp110.000,00 dan Kelas VIP Rp150.000,00. Dari Jepara: Senin, Selasa dan Sabtu (11.00 WIB) dan Jumat (14.00 WIB). Dari Karimunjawa: Senin (14.00 WIB), Rabu (11.00 WIB), Sabtu (08.00 WIB) dan Minggu (14.00 WIB). Tiket bisa dibeli di PT SIM Cabang Jepara (0291-592999).
  • Perlu diperhatikan bahwa di Karimunjawa tidak terdapat transportasi umum, sehingga jika ingin berkeliling Anda harus menyewa motor. Anda bisa menyewa motor di tempat Anda menginap dengan biaya Rp50.000,00 (12 jam) atau Rp70.000,00 (24 jam).

7. Penerbangan Alternatif ke Karimunjawa

Selain via Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Anda juga bisa mencapai Karimunjawa via Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta (JOG) dan Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo (SOC). Dari Yogyakarta dan Solo, Anda bisa naik travel / shuttle ke Semarang dengan ongkos Rp40.000,00 dan dilanjutkan dengan minibus seperti langkah di atas. Tidak ingin repot? Anda bisa menyewa mobil langsung dari bandara ke Pelabuhan Kartini, Jepara dengan tarif mulai dari Rp500.000,00.

0 komentar:

Posting Komentar